Jumat, 07 Desember 2012

Trik Rahasia Google

Assalamualaikum wr.wb

Hai sob, kali ini ane mau ngasih rahasia hebat tentang google sob. Ternyata eh ternyata om google ini bukan hanya berfungsi sebagai mesin pencarian saja sob tapi banyak sekali trik-trik lain yang ternyata belum kita ketahui. Nah sekarang ane mau share nih kali aja ada diantara sobat-sobat semuanya yang belum tau mengenai rahasia google ini. Yuk, kita simak.

1. Google merupakan mesin kalkulator.  Jika tidak percaya maka praktekkan ini. (3+4)+(4*4). kalian ketik angka itu di pencarian google. Maka akan menghasilkan seperti di bawah ini : 

gimana gan ? keren bukan ? 

2. Google merupakan alat memeriksa ejaan. Setiap kita menulis pencarian di google dan jika tulisan ejaan kata yang kita tulis salah maka akan ada tulisan "menampilkan hasil untuk..." kalian bisa lihat contohnya di bawah ini : 

3. Gunakan kata "Site" untuk membatasi pencarian. Kata site digunakan ketika kita ingin mencari suatu kata dalam sebuah web atau blog tertentu. Sebagai contoh saya akan mencari sebuah kata "loe harus tau" di blog kusimpan.com dan kalian bisa lihat sendiri hasilnya pada halaman pertama kata loe harus tau semuanya muncul. cara menulisnya seperti ini : " loe harus tau site:kusimpan.com " (tanpa tanda petik) lihat hasilnya di bawah ini : 
Nah jika ingin mencari sesuatu di halaman tertentu maka rumusnya : kata yang dicarisite:nama web/blog. 

4. Sebagai alat untuk mengetahui waktu. Maksudnya adalah jika kita ingin mengetahui waktu suatu daerah atau wilayah tertentu maka google adalah solusinya. Hanya kita menulis " time London " (tanpa tanda petik) London merupakan nama ibukota negara dan kita ingin mengetahui waktu di London. Kata london bisa sobat ganti dengan wilayah atau kota lainnya dan kata time adalah rumusnya ( time nama kota/negara

5. Google sebagai alat konversi mata uang yang cepat. contoh jika kita ingin mengetahui100.000 rupiah in dollars. Maka hasilnya seperti di bawah ini : 
 6. Memberi pengecualian dengan "-". Sebagai contoh jika kita ingin mencari suatu kata contohnya kata julia peres dan sobat tidak ingin mengetahui gaston maka tinggal tulis julia perez -gaston agar pencarian kita di google lebih spesifik.

7. Merupakan alat pencari dokumen yang spesifik. contoh jika kita ingin mencari sebuah dokumen dan dokumen yang kita inginkan adalah bertipe pdf maka kita hanya menulisnya seperti ini : " judul filetype pdf" (tanpa tanda petik). makasudnya judul merupan judul artikel yang sobat cari. filetype merupakan rumus untuk mencari file dan pdf merupakan tipe file yang ingin kita cari.

8. Bisa mencari kode are telephone. Coba ketik di pencariannya angka 62 maka angka itu akan mengarah pada kode area indonesia. Kalian bisa bereksperimen sendiri. 

9. Gunakan tanda ".." sebagai makna "sampai"  pada mesin pencari google. Contoh jika kita ingin mengetahui presiden indonesia dari tahun 45-2012 maka kita mencarinya di google seperti ini : presiden indonesia 1945..2012

Sekian dari ane sob, semoga bermanfaat dan jangan lupa komen dan follow ya.
Wassalamualaikum wr.wb 

Tidak ada komentar: